Glosarium Mahouka Koukou No Rettousei
PS: kalo sempat baca aja. Tapi kalo nggak dibaca juga nggak masalah :D
SMA Sihir: Nama sebutan bagi sekolah yang berafiliasi dengan Universitas Sihir Nasional. Ada 9 SMA sihir di seluruh Jepang. Dari semua sekolah itu, SMA 1 dan SMA 3 menggunakan sistem Jurusan 1 dan Jurusan 2 untuk membagi para muridnya berdasarkan kecakapan menggunakan sihir.
Blooms, Weeds: Sebutan yang digunakan di SMA 1 untuk
membedakan antara murid Jurusan 1 (Blooms) dan Jurusan 2 (Weeds). Seragam murid
Jurusan 1 memiliki emblem bunga kelopak 8 di dada kiri mereka sedang murid
Jurusan 2 tidak memilikinya.
CAD (Casting Assistant Device): Alat yang
menyederhanakan casting sihir dengan cara menyimpan program sihir di dalam nya.
CAD memiliki banyak tipe dan bentuk. Lebih jauh lagi CAD juga dibagi menjadi
CAD spesialis dan CAD multifungsi.
FLT (Four Leaves Technology): Perusahaan pengembang
CAD lokal. Awalnya perusahaan ini terkenal karena teknologi produk sihir
daripada pengembangan CAD. Produksi Silver mode sudah membuat perusahaan ini
terkenal sebagai salah satu perusahaan pengembang CAD dari Jepang.
Taurus Silver: Teknisi jenius yang dikatakan bisa
memajukan teknologi CAD selama 10 tahun hanya dalam 1 tahun.
Eidos (badan informasi individu): Kata ini diambil
dari bahasa Yunani. Dalam sihir modern, eidos merujuk pada badan informasi dari
event tertentu—suatu benda atau makhluk hidup. Eidos adalah bentuk rekaman dari
event yang terjadi di dunia nyata dan bisa disebut sebagai jejak kaki dari
kondisi objek yang ada di dunia, entah itu aktif atau pasif. Definisi sihir
dalam bentuk modern adalah teknologi yang bisa mengubah event/kejadian dengan
cara mengubah badan informasi yang menyertainya.
Idea (dimensi badan informasi): Dalam bahasa Yunani
dilafalkan sebagai i-de-ah. Dalam sihir modern, idea merujuk pada platform
tempat badan informasi direkam—mantra, objek, atau energi dimensi. Sihir pada
dasarnya adalah teknologi yang mengaktifkan program sihir (sekuen mantra) untuk
mempengaruhi idea (dimensi), yang kemudian akan menulis ulang eidos (badan
informasi) yang terekam di sana.
Sekuen aktivasi: Blueprint sihir dan program yang
menyusunnya. Sekuen aktivasi disimpan dalam format kompresi di dalam sebuah
CAD. Para magician akan mengirim gelombang psion ke dalam CAD yang nantinya
akan mengekspansi data sekuen dan kemudian mengubah sekuen tersebut menjadi
sebuah sinyal. Sinyal itu akan kembali pada magician bersama dengan program
sihir yang sudah di dekompresi.
Psion (partikel pikiran): Kumpulan partikel tanpa
massa yang termasuk dalam dimensi fenomena jiwa. Partikel informasi ini
menyimpan kesadaran dan hasil dari pikiran. Jika eidos dianggap sebagai dasar
teori untuk sihir modern, maka sekuen aktivasi dan program sihir adalah
teknologi yang muncul dari dasar tersebut. Badan informasi dari semua itu
terbuat dari psion.
Pushion (partikel jiwa): Partikel tanpa massa yang
ada dalam dimensi fenomena jiwa. Keberadaan mereka berhasil dikonfirmasi,
tetapi bentuk dan fungsi mereka belum diketahui. Secara umum, magician hanya
bisa merasakan pushion saja. Nama teknis dari Pushion adalah Psycheon.
Magician: Sebutan bagi teknisi sihir. Teknisi sihir (magic
technician) adalah sebutan bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk
menggunakan sihir dalam level praktikal.
Program sihir: Badan informasi yang digunakan untuk
mengubah informasi yang menempel pada event/kejadian. Dibentuk dari psion yang
dimiliki oleh magician. Terkadang disingkat sebagai magigram.
Area kalkulasi sihir: Bagian mental yang bertugas
membuat program sihir. Area kalkulasi sihir adalah inti dari bakat sihir yang
dimiliki seseorang. Bagian ini terdapat pada area bawah sadar (unconscious
area) dalam otak semua magician. Meski semua magician bisa menggunakan area
kalkulasi sihir secara sadar, mereka tidak bisa mengartikan proses yang terjadi
di dalamnya. Area kalkulasi sihir mungkin bisa disamakan dengan black box bagi
semua magician.
Proses output program sihir:
1. Kirimkan sekuen aktivasi ke dalam CAD. Ini disebut sebagai ‘membaca sekuen aktivasi’.
2. Tambahkan variabel pada sekuen aktivasi dan kirimkan semuanya ke area kalkulasi sihir.
3. Bentuk program sihir dari sekuen aktivasi dan variabelnya.
4. Kirim program sihir yang sudah terkonstruksi melalui ‘rute’ antara bagian paling bawah dari alam sadar dan bagian paling atas dari alam bawah sadar. Lalu kirim semuanya ke dalam ‘gate’ di antara alam sadar dan bawah sadar untuk meng-outputnya ke dalam Idea.
5. Program sihir yang ter-output ke dalam idea akan mempengaruhi Eidos pada koordinat yang sudah ditentukan dan kemudian mengubahnya.
Dalam single-type, single-process spell, 5 fase proses ini bisa dilakukan hanya dalam waktu setengah detik. Ini adalah batasan dari penggunaan mantra pada level praktikal bagi para magician.
Hipotesis Cardinal Code: Aliran pemikiran yang
percaya jika dalam 4 keluarga dan 8 tipe sihir, terdapat fondasi positif dan
negatif dari program sihir sebanyak 16 macam. Dengan menggabungkan ke-16 bentuk
itu, seseorang bisa membuat semua tipe typed spell.
Typed magic: Sihir yang dimiliki oleh 4 keluarga dan
termasuk ke dalam 8 tipe sihir.
Exotyped magic: Istilah yang digunakan untuk mantra
yang mengontrol fenomena mental dan bukan fisik. Hal ini mencakup banyak
bidang, mulai dari divine magic dan spirit magic—yang menggunakan keberadaan
spiritual—untuk membaca pikiran, membuat tubuh astral, dan melakukan kontrol
pikiran.
Ten Master Clans: Organisasi magician paling kuat di
Jepang. Setiap 4 tahun sekali dilakukan pemilihan 10 keluarga dari 28 keluarga:
Ichijou, Ichinokura, Isshiki, Futatsugi, Nikaidou, Nihei, Mitsuya, Mikazuki,
Yotsuba, Itsuwa, Gotou, Itsumi, Mutsuzuka, Rokkaku, Rokugou, Roppongi, Saegusa,
Shippou, Tanabata, Nanase, Yatsushiro, Hassaku, Hachiman, Kudou, Kuki, Kuzumi,
Juumonji, dan Tooyama.
Numbers: Sama seperti Ten master Clan yang memiliki
elemen nomor di nama keluarga mereka, keluarga yang termasuk dalam Numbers
memiliki elemen angka 11 keatas dalam nama keluarga mereka. Misalnya Chiyoda
(seribu), Isori (lima puluh), Chiba (seribu). Angka tersebut tidak berfungsi
sebagai indikator kekuatan, tapi sebagai fakta jika keluarga tersebut memiliki
kapasitas sebagai keluarga magician yang diakui.
Non-numbers: juga disebut dengan nama Extra Numbers
atau hanya Extra. Kelompok ini terdiri dari keluarga-keluarga yang sudah
kehilangan haknya sebagai numbers. Dulu ketika magician masih diperlakukan
sebagai senjata dan sampel eksperimen, ini adalah stigma antara yang
sukses—mereka yang mendapat angka—dan yang gagal atau tidak menunjukkan hasil
yang memuaskan.
MANTRA-MANTRA YANG
SUDAH DIKETAHUI
Cocytus: Outer magic yang bisa membekukan pikiran.
Pikiran yang membeku tidak bisa memerintahkan tubuh untuk mati, karena itu
semua orang/makhluk yang menjadi target sihir ini akan masuk ke dalam kondisi
mental stasis yang menyebabkan semua kerja tubuh mereka berhenti. Kasus
kristalisasi dari sebagian tubuh terkadang juga ditemukan. Setelah dilakukan
pengamatan, diketahui jika hal itu terjadi karena interaksi antara pikiran dan
tubuh.
Rumbling: Mantra kuno yang bisa menggetarkan tanah
dengan menggunakan spirit—badan informasi independent—sebagai medium.
Program Dispersion: Mantra yang bisa menghancurkan
program sihir—komponen utama dari mantra—menjadi partikel psion tanpa arti dan
perintah tertentu. Karena program sihir bisa mempengaruhi badan informasi yang
berhubungan dengan suatu kejadian, struktur informasi dari program sihir tersebut
harus terekspos sehingga tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah
intervensi dari pihak luar.
Program Demolition: Typeless spell yang bisa
menembakkan masa partikel psionic yang terkompresi langsung kepada objek tanpa
harus melalui Idea dan menyebabkan sebuah ledakan yang akan menghancurkan badan
informasi psion yang terekam dalam sihir, misalnya sekuen aktivasi dan program
sihir. Program Demolition bisa disebut sebagai sihir, tapi karena mantra itu
adalah peluru psion yang tidak memiliki struktur sebagai program sihir dan
tidak bisa mengubah suatu event, maka mantra ini tidak dipengaruhi oleh Information
Boost atau Area Interference. Tekanan dari peluru ini juga bisa menolak efek
Cast Jamming. Karena mantra ini tidak memiliki efek fisik apapun, tidak ada
yang bisa menghalanginya.
Mine Origin: Sihir yang menyebabkan vibrasi kuat pada
semua hal yang memiliki konotasi yang sama dengan ‘tanah’. Misalnya debu,
kotoran, karang, pasir, atau beton.
Fissure: Mantra yang menggunakan spirit—badan
informasi independent—sebagai medium untuk mendorong garis pada tanah sehingga
menciptakan penampakan seperti celah pada tanah.
Dry Blizzard: Mantra yang mengumpulkan karbon
dioksida dari udara untuk menciptakan partikel dry ice, kemudian mengubah
energi panas dari proses pembekuan menjadi energi kinetic untuk meluncurkan
partikel dry ice dalam kecepatan tinggi.
Slithering Thunders: Sebagai tambahan, setelah
mengkondensasi uap air dari evaporasi Dry Blizzard dan menciptakan kabut
konduktor dengan karbon dioksida yang menguap di dalam nya, mantra ini bisa
menciptakan listrik statis dengan sihir tipe getaran dan sihir tipe emisi. Ini
adalah mantra kombinasi yang bisa menembakkan serangan listrik menggunakan
kabut gas yang penuh dengan karbon dan tetesan air sebagai konduktor.
Niflheim: Mantra tipe vibrasi dan perlambatan yang
bisa mempengaruhi area yang cukup luas. Mantra ini akan mendinginkan sebagian
volume udara dan kemudian menggerakkan udara itu ke area yang lebih luas. Lebih
mudahnya, mantra ini menciptakan sebuah kulkas yang sangat besar. Kabut putih yang
muncul setelah aktivasi adalah partikel es yang membeku dan partikel dry ice.
Akan tetapi di level yang lebih tinggi kabut putih itu adalah nitrogen cair
yang sudah membeku.
Burst: Mantra tipe disperse yang menguapkan semua
cairan yang ada di dalam tubuh target. Saat mantra ini digunakan pada makhluk
hidup, mantra ini akan menguapkan cairan tubuh dan menyebabkan tubuh meledak.
Saat digunakan pada mesin yang menggunakan pembakaran internal sebagai bahan
bakarnya, mantra ini akan menguapkan bahan bakar dan membuat mesin tersebut
meledak. Fuel cell juga memiliki hasil yang sama. Bahkan jika tidak ada bahan
bakar yang bisa terbakar dalam mesin target, tidak ada mesin yang tidak memiliki
cairan di dalamnya, misalnya cairan dalam baterai, coolant, atau oli. Saat
Burst diaktifkan, secara virtual semua mesin bisa dihancurkan.
Disheveled hair: Mantra kuno yang daripada melakukan
spesifikasi dan mengubah arah angin, malah menggunakan aliran udara untuk
mengontrol dan menyebabkan hasil yang tidak jelas seperti ‘kusut’. Mantra ini
menyebabkan aliran di permukaan tanah yang bisa mengikat kaki musuh menggunakan
rumput. Hanya bisa digunakan di area berumput dengan tinggi tertentu.
Magic Sword: Selain teknik bertarung yang menggunakan
sihir sebagai senjata, ada metode lain dari combat magic yang menggunakan sihir
untuk memperkuat kontrol senjata. Kebanyakan mantra tipe ini mengkombinasikan
sihir dengan senjata proyektil seperti pistol dan panah. Akan tetapi, seni
pedang sihir atau kenjutsu yang berkembang di Jepang adalah titik yang
menghubungkan sihir dengan teknik berpedang. Hal ini membuat para teknisi sihir
membuat formula teknik sihir personal yang biasanya disebut dengan nama Magic
Sword, yang diklaim sebagai sihir yang termasuk ke dalam kelompok sihir modern
dan sihir kuno.
1.
High-Frequency Blade: mantra yang melikuidasi
benda padat secara lokal. Mantra ini memberikan vibrasi kecepatan tinggi yang
melebihi gaya kohesif molekuler benda padat yang disentuh dan dapat membelahnya
menjadi dua dengan mudah. mantra ini digunakan bersamaan dengan mantra yang
mencegah rusaknya bilah pedang.
2.
Pressure Cut: Mantra yang memunculkan
left-right perpendicular repulsive force pada sudut tebas mata pisau. Hal ini
menyebabkan pisau bisa memotong semua objek dengan mudah. Ukuran repulsive
field (bidang tolak) mantra ini kurang dari 1 milimeter, tetapi mantra ini bisa
mengintervensi cahaya. Jadi, saat seseorang melihatnya dari depan, mata pisau
senjata tersebut terlihat seperti garis berwarna hitam.
3.
Douji-Giri (Tebasan beruntun): mantra
kuno yang diturunkan sebagai senjata rahasia dalam kisah Genji. Itu adalah
teknik pedang sihir yang membuat pemakainya bisa memanipulasi 2 pedang secara
bersamaan melalui sepertiga bagian pedang yang mereka pegang untuk mengelilingi
lawan dan melakukan serangan secara simultan. Douji dalam bahasa Jepang memiliki arti ‘simultan’
dan ‘anak kecil’. Karena itu ambiguitas ini digunakan untuk menggambarkan
rahasia teknik tersebut.
4.
Zantetsu (Iron Cleaver): Jurus seni
berpedang dari klan Chiba. Daripada digambarkan sebagai menggerakkan katana berukuran
besar yang terbuat dari besi dan baja, mantra pergerakan ini mendefinisikannya
sebagai sebuah konsep. Setelah itu mantra akan menggerakkan katana di jalur
tebas yang sudah ditentukan oleh program sihir. Hasilnya, katana akan menjadi
pedang monomolekuler yang tidak akan pernah rusak, bengkok, atau retak saat
memotong sesuatu.
5.
Jinrai Zantetsu (Lightning iron Cleaver):
versi lanjutan dari Zantetsu dengan perantara Ikazuchimaru sebagai CAD
senjata pribadi. Mantra ini mendefinisikan katana dan pengguna sebagai satu
konsep kolektif dimana mantra akan mengeksekusi beberapa aksi mulai dari
sentuhan dengan objek/lawan hingga tebasannya. Serangan ini memiliki kecepatan
dan presisi yang sangat tinggi.
6.
Mountain Tsunami: seni berpedang
rahasia dari Klan Chiba yang biasanya digunakan dengan pedang Orochimaru—sebuah
CAD pedang raksasa dengan panjang kurang lebih 6 kaki. Pengguna akan
meminimalisasi gaya inersia tubuh dan atau pedang mereka saat mendekati musuh
dengan kecepatan tinggi. Saat serangan dilakukan, pengguna akan menambahkan
gaya inersianya pada gaya inersia pedang dan menggunakan semua energi itu untuk
menghantam musuh. Semakin jauh jarak larinya, semakin besar gaya inersia yang
bisa didapatkan sehingga serangan bisa menjadi lebih kuat lagi.
7.
Usuba Kagerou (Antlion): mantra yang
menggunakan sihir pengeras untuk mengeraskan lembaran kain nanotube karbon setebal
5 nanometer dan membuatnya menjadi sebilah pedang. Pedang yang diciptakan oleh
Usuba Kagerou biasanya lebih tajam dari pedang biasa, tapi mantra ini tidak
memiliki fungsi untuk membantu pedang yang sedang digerakkan, karenanya
kemampuan berpedang milik pengguna sangat diperlukan.
Penyihir Strategis dan 13 Rasul
Karena sihir modern lahir dalam dunia dengan teknologi
tinggi, hanya sebagian negara yang bisa mengembangkan sihir kuat untuk
keperluan militer. Sebagai hasilnya, hanya ada beberapa negara yang sukses
mengembangkan ‘sihir strategis’ yang setara dengan senjata pemusnah masal.
Akan tetapi, negara-negara ini saling membagikan sihir yang
mereka kembangkan pada sekutu masing-masing dan beberapa penyihir dari negara
sekutu yang memiliki kecocokan yang tinggi dengan sihir strategis tersebut.
Para penyihir yang bisa menggunakan sihir strategis akan disebut sebagai
penyihir strategis.
Pada April 2025, ada 13 penyihir yang diakui penyihir strategis oleh negara mereka masing-masing. Mereka disebut sebagai 13 Rasul dan menjadi sosok yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan militer dunia. Nama, negara, dan mantra strategis yang digunakan oleh 13 Rasul adalah sebagai berikut.
1. USNA
Angie Sirius: Heavy Metal Burst
Elliot Miller: Leviathan
Laurent Barthers: Leviathan
*Hanya Angie Sirius yang bergabung dengan Stars. Elliot Miller ditempatkan di pangkalan Alaska, dan Laurent Barthers ada di pangkalan Gibraltar yang ada di luar negeri. Elliot dan Laurent hampir tidak pernah pergi dari markas mereka.
2. New Soviet Union
Igor Andreivich Bezobrazov: Tuman Bomba
Leonid Kondratenko: Zemlja Armija
*Karena Kondratenko sudah berusia lanjut, dia biasanya terus berada di pangkalan Laut Hitam.
3. Great Asian Alliance
Yunde Liu: Pilita (Thunderclap Tower)
*Yunde Liu meninggal dunia di tanggal 31 Oktober 2095 ketika berperang melawan Jepang.
4. Indo-Persian Federation
Barat Chandra Khan: Agni Downburst
5. Jepang
Itsuwa Mio: Abyss
6. Brazil
Miguel Diez: Synchroliner Fusion
*Program sihir ini dinamai oleh USNA
7. Inggris
William MacLead: Ozone Circle
8. Jerman
Karla Schmidt: Ozone Circle
*Ozone Circle didasarkan pada mantra yang dikembangkan oleh Uni Eropa sebelum persatuan bangsa-bangsa itu berpisah. Tujuan awalnya adalah untuk memperbaiki lapisan ozone bumi. Program sihir ini kemudian disempurnakan oleh ilmuwan Inggris dan kemudian dipublikasikan kepada Uni Eropa lama melalui sebuah perjanjian.
9. Turki
Ali Sahin: Bahamut
*Program sihir ini dikembangkan bersama dengan ilmuwan USNA dan Jepang yang kemudian diserahkan oleh Jepang pada Turki.
10. Thailand
Somchai Bunnag: Agni Downburst
*Sihir ini diberikan oleh pihak Indo-Persia
Situasi dunia tahun 2096
Perang dunia ke-3 yang dinamakan Perang Global 20 Tahun,
disebabkan oleh mendinginnya bumi dan menurunnya hasil alam yang bisa
didapatkan. Perang ini berhasil merubah peta dunia secara permanen.
USA menganeksasi Kanada dan negara-negara dari Meksiko
hingga Panama dan menggunakan nama baru yaitu United State of North America
(USNA)
Rusia menyerap kembali Ukraina dan Belarusia, kemudian
membentuk New Soviet Union.
China menaklukkan Burma Utara, Vietnam Utara, Laos Utara,
dan semenanjung Korea untuk membentuk Great Asian Alliance (GAA).
India dan Iran menyerap beberapa negara di Asia Tengah
(Turkmenistan, Uzbekistan, Tajikistan, dan Afganistan) dan negara Asia Selatan
(Pakistan, Nepal, Bhutan, Bangladesh, dan Sri Lanka) untuk membentuk
Indo-Persian Federation.
Negara Asia lainnya dan negara-negara Arab membentuk aliansi
wilayah militer untuk membendung pengaruh 3 negara super power: New Soviet
Union, GAA, dan Indo-Persian Federation.
Australia memilih untuk menjadi negara yang terisolasi.
Uni Eropa gagal mempertahankan kesatuannya sehingga banyak
negara memutuskan untuk berpisah. Uni Eropa terbagi menjadi dua bagian yaitu
timur dan barat yang dipisahkan oleh Jerman dan Perancis. EU timur dan barat
juga gagal mempertahankan kesatuannya dan sekarang menjadi semakin lemah jika
dibandingkan dengan EU yang lama.
Afrika sudah menyaksikan setengah dari negaranya hancur
karena perang, akan tetapi mereka berhasil bertahan setelah mempertahankan
kontrol masa yang baik.
Amerika Selatan kecuali Brazil sudah menjadi negara-negara
kecil yang terisolir dan membentuk pemerintahan mereka sendiri-sendiri.
Komentar
Posting Komentar