Glosarium Mahouka Koukou No Rettousei

PS: kalo sempat baca aja. Tapi kalo nggak dibaca juga nggak masalah :D

 

SMA Sihir: Nama sebutan bagi sekolah yang berafiliasi dengan Universitas Sihir Nasional. Ada 9 SMA sihir di seluruh Jepang. Dari semua sekolah itu, SMA 1 dan SMA 3 menggunakan sistem Jurusan 1 dan Jurusan 2 untuk membagi para muridnya berdasarkan kecakapan menggunakan sihir.

Blooms, Weeds: Sebutan yang digunakan di SMA 1 untuk membedakan antara murid Jurusan 1 (Blooms) dan Jurusan 2 (Weeds). Seragam murid Jurusan 1 memiliki emblem bunga kelopak 8 di dada kiri mereka sedang murid Jurusan 2 tidak memilikinya.

CAD (Casting Assistant Device): Alat yang menyederhanakan casting sihir dengan cara menyimpan program sihir di dalam nya. CAD memiliki banyak tipe dan bentuk. Lebih jauh lagi CAD juga dibagi menjadi CAD spesialis dan CAD multifungsi.

FLT (Four Leaves Technology): Perusahaan pengembang CAD lokal. Awalnya perusahaan ini terkenal karena teknologi produk sihir daripada pengembangan CAD. Produksi Silver mode sudah membuat perusahaan ini terkenal sebagai salah satu perusahaan pengembang CAD dari Jepang.

Taurus Silver: Teknisi jenius yang dikatakan bisa memajukan teknologi CAD selama 10 tahun hanya dalam 1 tahun.

Eidos (badan informasi individu): Kata ini diambil dari bahasa Yunani. Dalam sihir modern, eidos merujuk pada badan informasi dari event tertentu—suatu benda atau makhluk hidup. Eidos adalah bentuk rekaman dari event yang terjadi di dunia nyata dan bisa disebut sebagai jejak kaki dari kondisi objek yang ada di dunia, entah itu aktif atau pasif. Definisi sihir dalam bentuk modern adalah teknologi yang bisa mengubah event/kejadian dengan cara mengubah badan informasi yang menyertainya.

Idea (dimensi badan informasi): Dalam bahasa Yunani dilafalkan sebagai i-de-ah. Dalam sihir modern, idea merujuk pada platform tempat badan informasi direkam—mantra, objek, atau energi dimensi. Sihir pada dasarnya adalah teknologi yang mengaktifkan program sihir (sekuen mantra) untuk mempengaruhi idea (dimensi), yang kemudian akan menulis ulang eidos (badan informasi) yang terekam di sana.

Sekuen aktivasi: Blueprint sihir dan program yang menyusunnya. Sekuen aktivasi disimpan dalam format kompresi di dalam sebuah CAD. Para magician akan mengirim gelombang psion ke dalam CAD yang nantinya akan mengekspansi data sekuen dan kemudian mengubah sekuen tersebut menjadi sebuah sinyal. Sinyal itu akan kembali pada magician bersama dengan program sihir yang sudah di dekompresi.

Psion (partikel pikiran): Kumpulan partikel tanpa massa yang termasuk dalam dimensi fenomena jiwa. Partikel informasi ini menyimpan kesadaran dan hasil dari pikiran. Jika eidos dianggap sebagai dasar teori untuk sihir modern, maka sekuen aktivasi dan program sihir adalah teknologi yang muncul dari dasar tersebut. Badan informasi dari semua itu terbuat dari psion.

Pushion (partikel jiwa): Partikel tanpa massa yang ada dalam dimensi fenomena jiwa. Keberadaan mereka berhasil dikonfirmasi, tetapi bentuk dan fungsi mereka belum diketahui. Secara umum, magician hanya bisa merasakan pushion saja. Nama teknis dari Pushion adalah Psycheon.

Magician: Sebutan bagi teknisi sihir. Teknisi sihir (magic technician) adalah sebutan bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk menggunakan sihir dalam level praktikal.

Program sihir: Badan informasi yang digunakan untuk mengubah informasi yang menempel pada event/kejadian. Dibentuk dari psion yang dimiliki oleh magician. Terkadang disingkat sebagai magigram.

Area kalkulasi sihir: Bagian mental yang bertugas membuat program sihir. Area kalkulasi sihir adalah inti dari bakat sihir yang dimiliki seseorang. Bagian ini terdapat pada area bawah sadar (unconscious area) dalam otak semua magician. Meski semua magician bisa menggunakan area kalkulasi sihir secara sadar, mereka tidak bisa mengartikan proses yang terjadi di dalamnya. Area kalkulasi sihir mungkin bisa disamakan dengan black box bagi semua magician.

Proses output program sihir:

1. Kirimkan sekuen aktivasi ke dalam CAD. Ini disebut sebagai ‘membaca sekuen aktivasi’.

2. Tambahkan variabel pada sekuen aktivasi dan kirimkan semuanya ke area kalkulasi sihir.

3. Bentuk program sihir dari sekuen aktivasi dan variabelnya.

4. Kirim program sihir yang sudah terkonstruksi melalui ‘rute’ antara bagian paling bawah dari alam sadar dan bagian paling atas dari alam bawah sadar. Lalu kirim semuanya ke dalam ‘gate’ di antara alam sadar dan bawah sadar untuk meng-outputnya ke dalam Idea.

5. Program sihir yang ter-output ke dalam idea akan mempengaruhi Eidos pada koordinat yang sudah ditentukan dan kemudian mengubahnya.

Dalam single-type, single-process spell, 5 fase proses ini bisa dilakukan hanya dalam waktu setengah detik. Ini adalah batasan dari penggunaan mantra pada level praktikal bagi para magician.

Hipotesis Cardinal Code: Aliran pemikiran yang percaya jika dalam 4 keluarga dan 8 tipe sihir, terdapat fondasi positif dan negatif dari program sihir sebanyak 16 macam. Dengan menggabungkan ke-16 bentuk itu, seseorang bisa membuat semua tipe typed spell.

Typed magic: Sihir yang dimiliki oleh 4 keluarga dan termasuk ke dalam 8 tipe sihir.

Exotyped magic: Istilah yang digunakan untuk mantra yang mengontrol fenomena mental dan bukan fisik. Hal ini mencakup banyak bidang, mulai dari divine magic dan spirit magic—yang menggunakan keberadaan spiritual—untuk membaca pikiran, membuat tubuh astral, dan melakukan kontrol pikiran.

Ten Master Clans: Organisasi magician paling kuat di Jepang. Setiap 4 tahun sekali dilakukan pemilihan 10 keluarga dari 28 keluarga: Ichijou, Ichinokura, Isshiki, Futatsugi, Nikaidou, Nihei, Mitsuya, Mikazuki, Yotsuba, Itsuwa, Gotou, Itsumi, Mutsuzuka, Rokkaku, Rokugou, Roppongi, Saegusa, Shippou, Tanabata, Nanase, Yatsushiro, Hassaku, Hachiman, Kudou, Kuki, Kuzumi, Juumonji, dan Tooyama.

Numbers: Sama seperti Ten master Clan yang memiliki elemen nomor di nama keluarga mereka, keluarga yang termasuk dalam Numbers memiliki elemen angka 11 keatas dalam nama keluarga mereka. Misalnya Chiyoda (seribu), Isori (lima puluh), Chiba (seribu). Angka tersebut tidak berfungsi sebagai indikator kekuatan, tapi sebagai fakta jika keluarga tersebut memiliki kapasitas sebagai keluarga magician yang diakui.

Non-numbers: juga disebut dengan nama Extra Numbers atau hanya Extra. Kelompok ini terdiri dari keluarga-keluarga yang sudah kehilangan haknya sebagai numbers. Dulu ketika magician masih diperlakukan sebagai senjata dan sampel eksperimen, ini adalah stigma antara yang sukses—mereka yang mendapat angka—dan yang gagal atau tidak menunjukkan hasil yang memuaskan.

 

MANTRA-MANTRA YANG SUDAH DIKETAHUI

Cocytus: Outer magic yang bisa membekukan pikiran. Pikiran yang membeku tidak bisa memerintahkan tubuh untuk mati, karena itu semua orang/makhluk yang menjadi target sihir ini akan masuk ke dalam kondisi mental stasis yang menyebabkan semua kerja tubuh mereka berhenti. Kasus kristalisasi dari sebagian tubuh terkadang juga ditemukan. Setelah dilakukan pengamatan, diketahui jika hal itu terjadi karena interaksi antara pikiran dan tubuh.

Rumbling: Mantra kuno yang bisa menggetarkan tanah dengan menggunakan spirit—badan informasi independent—sebagai medium.

Program Dispersion: Mantra yang bisa menghancurkan program sihir—komponen utama dari mantra—menjadi partikel psion tanpa arti dan perintah tertentu. Karena program sihir bisa mempengaruhi badan informasi yang berhubungan dengan suatu kejadian, struktur informasi dari program sihir tersebut harus terekspos sehingga tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah intervensi dari pihak luar.

Program Demolition: Typeless spell yang bisa menembakkan masa partikel psionic yang terkompresi langsung kepada objek tanpa harus melalui Idea dan menyebabkan sebuah ledakan yang akan menghancurkan badan informasi psion yang terekam dalam sihir, misalnya sekuen aktivasi dan program sihir. Program Demolition bisa disebut sebagai sihir, tapi karena mantra itu adalah peluru psion yang tidak memiliki struktur sebagai program sihir dan tidak bisa mengubah suatu event, maka mantra ini tidak dipengaruhi oleh Information Boost atau Area Interference. Tekanan dari peluru ini juga bisa menolak efek Cast Jamming. Karena mantra ini tidak memiliki efek fisik apapun, tidak ada yang bisa menghalanginya.

Mine Origin: Sihir yang menyebabkan vibrasi kuat pada semua hal yang memiliki konotasi yang sama dengan ‘tanah’. Misalnya debu, kotoran, karang, pasir, atau beton.

Fissure: Mantra yang menggunakan spirit—badan informasi independent—sebagai medium untuk mendorong garis pada tanah sehingga menciptakan penampakan seperti celah pada tanah.

Dry Blizzard: Mantra yang mengumpulkan karbon dioksida dari udara untuk menciptakan partikel dry ice, kemudian mengubah energi panas dari proses pembekuan menjadi energi kinetic untuk meluncurkan partikel dry ice dalam kecepatan tinggi.

Slithering Thunders: Sebagai tambahan, setelah mengkondensasi uap air dari evaporasi Dry Blizzard dan menciptakan kabut konduktor dengan karbon dioksida yang menguap di dalam nya, mantra ini bisa menciptakan listrik statis dengan sihir tipe getaran dan sihir tipe emisi. Ini adalah mantra kombinasi yang bisa menembakkan serangan listrik menggunakan kabut gas yang penuh dengan karbon dan tetesan air sebagai konduktor.

Niflheim: Mantra tipe vibrasi dan perlambatan yang bisa mempengaruhi area yang cukup luas. Mantra ini akan mendinginkan sebagian volume udara dan kemudian menggerakkan udara itu ke area yang lebih luas. Lebih mudahnya, mantra ini menciptakan sebuah kulkas yang sangat besar. Kabut putih yang muncul setelah aktivasi adalah partikel es yang membeku dan partikel dry ice. Akan tetapi di level yang lebih tinggi kabut putih itu adalah nitrogen cair yang sudah membeku.

Burst: Mantra tipe disperse yang menguapkan semua cairan yang ada di dalam tubuh target. Saat mantra ini digunakan pada makhluk hidup, mantra ini akan menguapkan cairan tubuh dan menyebabkan tubuh meledak. Saat digunakan pada mesin yang menggunakan pembakaran internal sebagai bahan bakarnya, mantra ini akan menguapkan bahan bakar dan membuat mesin tersebut meledak. Fuel cell juga memiliki hasil yang sama. Bahkan jika tidak ada bahan bakar yang bisa terbakar dalam mesin target, tidak ada mesin yang tidak memiliki cairan di dalamnya, misalnya cairan dalam baterai, coolant, atau oli. Saat Burst diaktifkan, secara virtual semua mesin bisa dihancurkan.

Disheveled hair: Mantra kuno yang daripada melakukan spesifikasi dan mengubah arah angin, malah menggunakan aliran udara untuk mengontrol dan menyebabkan hasil yang tidak jelas seperti ‘kusut’. Mantra ini menyebabkan aliran di permukaan tanah yang bisa mengikat kaki musuh menggunakan rumput. Hanya bisa digunakan di area berumput dengan tinggi tertentu.

Magic Sword: Selain teknik bertarung yang menggunakan sihir sebagai senjata, ada metode lain dari combat magic yang menggunakan sihir untuk memperkuat kontrol senjata. Kebanyakan mantra tipe ini mengkombinasikan sihir dengan senjata proyektil seperti pistol dan panah. Akan tetapi, seni pedang sihir atau kenjutsu yang berkembang di Jepang adalah titik yang menghubungkan sihir dengan teknik berpedang. Hal ini membuat para teknisi sihir membuat formula teknik sihir personal yang biasanya disebut dengan nama Magic Sword, yang diklaim sebagai sihir yang termasuk ke dalam kelompok sihir modern dan sihir kuno.

1.       High-Frequency Blade: mantra yang melikuidasi benda padat secara lokal. Mantra ini memberikan vibrasi kecepatan tinggi yang melebihi gaya kohesif molekuler benda padat yang disentuh dan dapat membelahnya menjadi dua dengan mudah. mantra ini digunakan bersamaan dengan mantra yang mencegah rusaknya bilah pedang.

2.       Pressure Cut: Mantra yang memunculkan left-right perpendicular repulsive force pada sudut tebas mata pisau. Hal ini menyebabkan pisau bisa memotong semua objek dengan mudah. Ukuran repulsive field (bidang tolak) mantra ini kurang dari 1 milimeter, tetapi mantra ini bisa mengintervensi cahaya. Jadi, saat seseorang melihatnya dari depan, mata pisau senjata tersebut terlihat seperti garis berwarna hitam.

3.       Douji-Giri (Tebasan beruntun): mantra kuno yang diturunkan sebagai senjata rahasia dalam kisah Genji. Itu adalah teknik pedang sihir yang membuat pemakainya bisa memanipulasi 2 pedang secara bersamaan melalui sepertiga bagian pedang yang mereka pegang untuk mengelilingi lawan dan melakukan serangan secara simultan. Douji  dalam bahasa Jepang memiliki arti ‘simultan’ dan ‘anak kecil’. Karena itu ambiguitas ini digunakan untuk menggambarkan rahasia teknik tersebut.

4.       Zantetsu (Iron Cleaver): Jurus seni berpedang dari klan Chiba. Daripada digambarkan sebagai menggerakkan katana berukuran besar yang terbuat dari besi dan baja, mantra pergerakan ini mendefinisikannya sebagai sebuah konsep. Setelah itu mantra akan menggerakkan katana di jalur tebas yang sudah ditentukan oleh program sihir. Hasilnya, katana akan menjadi pedang monomolekuler yang tidak akan pernah rusak, bengkok, atau retak saat memotong sesuatu.

5.       Jinrai Zantetsu (Lightning iron Cleaver): versi lanjutan dari Zantetsu dengan perantara Ikazuchimaru sebagai CAD senjata pribadi. Mantra ini mendefinisikan katana dan pengguna sebagai satu konsep kolektif dimana mantra akan mengeksekusi beberapa aksi mulai dari sentuhan dengan objek/lawan hingga tebasannya. Serangan ini memiliki kecepatan dan presisi yang sangat tinggi.

6.       Mountain Tsunami: seni berpedang rahasia dari Klan Chiba yang biasanya digunakan dengan pedang Orochimaru—sebuah CAD pedang raksasa dengan panjang kurang lebih 6 kaki. Pengguna akan meminimalisasi gaya inersia tubuh dan atau pedang mereka saat mendekati musuh dengan kecepatan tinggi. Saat serangan dilakukan, pengguna akan menambahkan gaya inersianya pada gaya inersia pedang dan menggunakan semua energi itu untuk menghantam musuh. Semakin jauh jarak larinya, semakin besar gaya inersia yang bisa didapatkan sehingga serangan bisa menjadi lebih kuat lagi.

7.       Usuba Kagerou (Antlion): mantra yang menggunakan sihir pengeras untuk mengeraskan lembaran kain nanotube karbon setebal 5 nanometer dan membuatnya menjadi sebilah pedang. Pedang yang diciptakan oleh Usuba Kagerou biasanya lebih tajam dari pedang biasa, tapi mantra ini tidak memiliki fungsi untuk membantu pedang yang sedang digerakkan, karenanya kemampuan berpedang milik pengguna sangat diperlukan.

 

Penyihir Strategis dan 13 Rasul

Karena sihir modern lahir dalam dunia dengan teknologi tinggi, hanya sebagian negara yang bisa mengembangkan sihir kuat untuk keperluan militer. Sebagai hasilnya, hanya ada beberapa negara yang sukses mengembangkan ‘sihir strategis’ yang setara dengan senjata pemusnah masal.

Akan tetapi, negara-negara ini saling membagikan sihir yang mereka kembangkan pada sekutu masing-masing dan beberapa penyihir dari negara sekutu yang memiliki kecocokan yang tinggi dengan sihir strategis tersebut. Para penyihir yang bisa menggunakan sihir strategis akan disebut sebagai penyihir strategis.

Pada April 2025, ada 13 penyihir yang diakui penyihir strategis oleh negara mereka masing-masing. Mereka disebut sebagai 13 Rasul dan menjadi sosok yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan militer dunia. Nama, negara, dan mantra strategis yang digunakan oleh 13 Rasul adalah sebagai berikut.

1. USNA

Angie Sirius: Heavy Metal Burst

Elliot Miller: Leviathan

Laurent Barthers: Leviathan

*Hanya Angie Sirius yang bergabung dengan Stars. Elliot Miller ditempatkan di pangkalan Alaska, dan Laurent Barthers ada di pangkalan Gibraltar yang ada di luar negeri. Elliot dan Laurent hampir tidak pernah pergi dari markas mereka.

2. New Soviet Union

Igor Andreivich Bezobrazov: Tuman Bomba

Leonid Kondratenko: Zemlja Armija

*Karena Kondratenko sudah berusia lanjut, dia biasanya terus berada di pangkalan Laut Hitam.

3. Great Asian Alliance

Yunde Liu: Pilita (Thunderclap Tower)

*Yunde Liu meninggal dunia di tanggal 31 Oktober 2095 ketika berperang melawan Jepang.

4. Indo-Persian Federation

Barat Chandra Khan: Agni Downburst

5. Jepang

Itsuwa Mio: Abyss

6. Brazil

Miguel Diez: Synchroliner Fusion

*Program sihir ini dinamai oleh USNA

7. Inggris

William MacLead: Ozone Circle

8. Jerman

Karla Schmidt: Ozone Circle

*Ozone Circle didasarkan pada mantra yang dikembangkan oleh Uni Eropa sebelum persatuan bangsa-bangsa itu berpisah. Tujuan awalnya adalah untuk memperbaiki lapisan ozone bumi. Program sihir ini kemudian disempurnakan oleh ilmuwan Inggris dan kemudian dipublikasikan kepada Uni Eropa lama melalui sebuah perjanjian.

9. Turki

Ali Sahin: Bahamut

*Program sihir ini dikembangkan bersama dengan ilmuwan USNA dan Jepang yang kemudian diserahkan oleh Jepang pada Turki.

10. Thailand

Somchai Bunnag: Agni Downburst

*Sihir ini diberikan oleh pihak Indo-Persia

 

Situasi dunia tahun 2096

Perang dunia ke-3 yang dinamakan Perang Global 20 Tahun, disebabkan oleh mendinginnya bumi dan menurunnya hasil alam yang bisa didapatkan. Perang ini berhasil merubah peta dunia secara permanen.

USA menganeksasi Kanada dan negara-negara dari Meksiko hingga Panama dan menggunakan nama baru yaitu United State of North America (USNA)

Rusia menyerap kembali Ukraina dan Belarusia, kemudian membentuk New Soviet Union.

China menaklukkan Burma Utara, Vietnam Utara, Laos Utara, dan semenanjung Korea untuk membentuk Great Asian Alliance (GAA).

India dan Iran menyerap beberapa negara di Asia Tengah (Turkmenistan, Uzbekistan, Tajikistan, dan Afganistan) dan negara Asia Selatan (Pakistan, Nepal, Bhutan, Bangladesh, dan Sri Lanka) untuk membentuk Indo-Persian Federation.

Negara Asia lainnya dan negara-negara Arab membentuk aliansi wilayah militer untuk membendung pengaruh 3 negara super power: New Soviet Union, GAA, dan Indo-Persian Federation.

Australia memilih untuk menjadi negara yang terisolasi.

Uni Eropa gagal mempertahankan kesatuannya sehingga banyak negara memutuskan untuk berpisah. Uni Eropa terbagi menjadi dua bagian yaitu timur dan barat yang dipisahkan oleh Jerman dan Perancis. EU timur dan barat juga gagal mempertahankan kesatuannya dan sekarang menjadi semakin lemah jika dibandingkan dengan EU yang lama.

Afrika sudah menyaksikan setengah dari negaranya hancur karena perang, akan tetapi mereka berhasil bertahan setelah mempertahankan kontrol masa yang baik.

Amerika Selatan kecuali Brazil sudah menjadi negara-negara kecil yang terisolir dan membentuk pemerintahan mereka sendiri-sendiri.

 

Daftar Isi     Chapter 1-1

Komentar

Postingan Populer